Blockchain

Apa itu blockchain? Penjelasan Konsep Teknologi Blockchain untuk Pemula – Friends with Blockchain

Apa itu blockchain?

Table of Content:
0:00 Pengenalan Blockchain
0:56 Peraturan Hash Chain
1:48 Simulasi Desentralisasi
2:50 Simulasi Konsensus / Kesepakatan Bersama
4:18 Simulasi Immutable, Transparansi
5:30 Public
6:07 Kelebihan Blockchain

Teknologi Blockchain adalah sebuah sistem dimana setiap orang/node dapat memiliki data yang sama dengan orang lain. Sehingga akan tercipta transparansi, keamanan, desentralisasi dan konsensus pada data. Jika ada perubahan data, pasti akan langsung ketahuan karena terdapat previous hash yang menyimpan seluruh data block sebelumnya.

Pernah coba belajar blockchain tapi konsepnya terlalu susah dan sulit dipahami? Kalian pernah dengar hype bitcoin karena memakai teknologi blockchain? atau pernah baca artikel Linkedin yang bilang bahwa bidang blockchain akan menjadi pekerjaan yang paling dicari ditahun 2020? Atau udah pernah coba belajar tentang konsep blockchain tapi masih bingung ?

Yuk cek penjelasan blockchain bagi pemula divideo ini. Penjelasan dan konsep nya bakal dibantu oleh Friends with Blockchain(FWB) Academy, dimana terdapat ibu guru yang menanyakan pertanyaan kepada para muridnya, dan para murid akan menjawab pertanyaan dan menulis jawabannya pada kertas mereka. Nanti akan terjawab pertanyaan apa itu blockchain dan mekanismenya.

Nanti mereka akan coba untuk mengerjakan pertanyaan yang diberikan ibu guru. Dan ternyata Amir berniat jahat ! Ia mencoba mengubah data yang sudah dimasukkan ke dalam blockchain! Tetapi karena teknologi yang canggih ini, Amir tidak dapat mengubah data tersebut karena kalah jumlah.

Dari penjelasan tersebut, nanti akan diberikan beberapa kelebihan blockchain yang dapat membantu banyak bidang. Kelebihan blockchain adalah desentralisasi, konsensus / kesepakatan bersama, data tidak bisa dirubah / immutable dan transparan.

Penasaran dengan keseruan anak-anak untuk menjelaskan konsep blockchain? Yuk cek penjelasan konsep mudah blockchain bagi pemula !

Video Blockchain Lainnya :
1. Konsep Mudah Blockchain Untuk Pemula
2. Apa itu Hashing pada Blockchain?
3. Kegunaan Blockchain: Donasi
4. Kegunaan Blockchain: Blockchain Melawan Corona pada Bidang Kesehatan
5. Apa itu Decentralized Finance(DeFi)?
6. Apa itu Ethereum 2.0? Cuma 2 Menit

website:
Instagram: @friendswithblockchain
Telegram group: @friendswithblockchain (

Share via